Kamis, 03 Mei 2012

Tugas Bahasa Indonesia Bab I



  1. Kemukakanlah asal mula bahasa Indonesia !
Jawaban :
Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu yang pada awalnya adalah salah satu bahasa daerah di daerah Kepulauan Indonesia yang mendiami pesisir timur Pulau Sumatra, Semenanjung Malaka, dan pesisir barat Kalimanan.
  1. Jelaskan faktor – faktor yang melatarbelakangi diangkatnya bahasa Melayu !
Jawaban :
Proses berkembangnya bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia Didasari oleh beberapa faktor sebagai berikut :
  1. Bahasa Melayu mempunyai sejarah panjang sebagai Lingua Franca ( bahasa pergaulan ). Bahasa Melayu terletak dalam jalur perdagangan di selat Malaka, sehingga penyebarannya mudah dan cepat untuk semua etnik atau suku, ditempat pertemuan antara pedagang dan pribumi bahasa yang digunakan adalah bahasa penduduk setempat atau bahasa Melayu.
  2. Bahasa Melayu sebagai bahasa resmi kedua kerajaan besar yaitu kerajaan Sriwijaya dan kerajaan Majapahit. Kerajaan Sriwijaya dan kerajaan Majapahit adalah kerajaan yang sangat terkenal di kawasan Nusantara dan memiliki sejarah kejayaan yang tersohor keberadaannya dan salah satu bahasa resmi kedua kerajaan tersebut adalah bahasa Melayu.
  3. Bahasa Melayu sebagai bahasa perjuangan. Bangsa Indonesia menerima dengan sukarela bahasa Melayu menjadi bahasa nasional sejak dicetuskannya sumpah pemuda 1928, mereka menyadari bahwa bahasa Melayu paling memenuhi syarat sebagai bahasa nasional karena bahasa Melayu dapat diterima oleh semua pihak.
  4. Bahasa Melayu mudah dipelajari dan dikembangkan. Bahasa Melayu memiliki sifat dan susunan yang sederhana dan luwes sehinga mudan untuk dipelajari oleh seluruh suku bangsa yang ada di Indonesia selain itu, bahasa Melayu dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan pemakainya dan memperkaya perbendarahannya dengan unsur – unsur baru bahasa lain sehingga mudah dikembangkan.
  1. Sebutkan pengertian politik bahasa nasional !
Jawaban :
Politik bahasa nasional adalah kebijakan nasional yang berisi perencanaan, pengarahan dan ketentuan – ketentuan yang dapat dipakai sebagai dasar pengelolaan keseluruhan masalah kebahasaan sehingga kebijakan nasional ini benar – benar terlaksana, terarah dan menyeluruh.
  1. Tuliskan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan sebagai bahasa negara !
Jawaban :
  • Fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional adalah sebagai berikut :
  1. Lambang kebanggaan nasional;
  2. Lambang identitas nasional;
  3. Alat pemersatu berbagai warga masyarakat yang berbeda latar belakang sosial budaya dan bahasanya, dan
  4. Alat penghubung antara budaya dan antardaerah.
  • Fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara adalah sebagai berikut :
  1. Bahasa resmi kenegaraan;
  2. Bahasa pengantar di lembaga – lembaga pendidikan;
  3. Bahasa resmi di dalam perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintahan;
  4. Bahasa resmi di dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  1. Kemukakan pengertian sosiolek, dialek geografis, register dan idiolek !
Jawaban :
  • Sosiolek adalah variasi bahasa yang berkolerasi dengan kelas sosial atau kelompok pekerjaan ( dan bukan dengan tempat ); dialek sosial.
  • Dialek geografis adalah variasi bahasa yang dipakai oleh kelompok bahasawan yang dibatasi oleh tempat atau timbul dari perbedaan asal penuturnya.
  • Register adalah variasi – variasi bahasa yang disebabkan oleh sifat khas dengan kebutuhan pemakainya.
  • Idiolek adalah keseluruhan ciri – ciri bahasa seorang pribadi manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar